Perbandingan Harga Jual Emas Antam VS UBS untuk Investasi

Baik emas Antam vs UBS, keduanya sering dibanding-bandingkan oleh para konsumen sebelum memutuskan untuk membeli salah satu dari logam mulia tersebut.
Harga Jual Emas Antam vs UBS merupakan istilah yang sering didengar oleh khalayak secara umum untuk membandingkan keduanya. Meski secara fisik sangat mirip karena termasuk logam mulia, keduanya ternyata memiliki perbedaan signifikan. 

Perbandingan Harga Jual Emas Antam VS UBS untuk Investasi

Dari era tradisional hingga modern, emas dianggap sebagai salah satu instrumen investasi paling menguntungkan. Seperti merek emas di atas, keduanya datang dari produsen yang berbeda dengan membawa ciri khasnya masing-masing.

Perbandingan Emas Antam VS UBS yang Harus Diketahui

Ada beberapa perbedaan yang paling signifikan antara emas produksi Antam maupun UBS, meski mirip secara fisik. Perbedaannya bisa dilihat dari sisi dimensi benda, sertifikat keaslian sebagai jaminan, serta asal produsen.

1. Perbedaan dari segi dimensi atau ukuran

Dimulai dari Antam, logam mulia buatannya memiliki dimensi yang kecil namun tebal. Ukuran ketebalannya secara umum adalah 0,5 gram, 1 gram, 2,5 gram, 5 gram, hingga mencapai ukuran 1 kilogram.

Meski emas Antam vs UBS sering dibanding-bandingkan, UBS lebih unggul dari segi ukuran karena dicetak lebih besar namun tipis. Dimensi ukuran dasarnya adalah 0,1, 0,5, 1, 5, hingga 100 gram.

2. Perbedaan sertifikasi sebagai bukti orisinalitas produk

UBS memberikan sertifikat berdasarkan ukuran, yakni di bawah 5 gram atau di atasnya. Masing-masing dibedakan oleh materialnya, yakni di bawah 5 gram menggunakan kertas terlaminasi dan di atasnya memakai plastik.

Sedangkan sertifikasi Antam menggunakan bahan terlaminasi menjadi satu, lengkap dengan QR code sebagai pengaman. Produk buatannya juga telah memenuhi standar internasional LBMA, sehingga bisa dijual di dalam maupun luar negeri. 

3. Perbedaan dari segi produsen

Emas Antam vs UBS menjadi perbincangan hangat karena keduanya diproduksi oleh institusi yang berbeda. Meski demikian, produk logam mulia dari dua produsen tersebut sama-sama memiliki kadar kemurnian hingga mencapai 99,99%. 

Jika Anda ingin membeli dengan melihat dari segi dimensi hingga sertifikasi, Antam bisa menjadi pilihan terbaik. Namun jika ingin disimpan sebagai diversifikasi dari segi produsen, UBS sangat menarik untuk dibeli.


Cara Melihat Keaslian Emas Buatan Antam maupun UBS

Tidak dipungkiri bahwa emas seringkali disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk aksi kejahatan. Agar terhindar dari penipuan dan sejenisnya, cara melihat asli tidaknya sebuah logam mulai bisa dilihat di bawah ini.

1. Menguji dengan bahan kimia tertentu

Perbandingan antara emas Antam vs UBS tidak hanya dari sisi fisiknya, tapi keasliannya juga sering diperdebatkan. Salah satu metode termudah untuk melihat asli atau tidaknya adalah menggunakan bahan kimia tertentu. 

Bahan kimia khusus itu adalah asam nitrat dan kemudian diteteskan pada emas yang telah digores sedikit. Barang palsu akan mengubah warna benda menjadi hijau, sedangkan jika asli tidak menghasilkan apa-apa.

2. Menggunakan aplikasi digital bernama CertiEye

Bisa juga menggunakan aplikasi digital seperti CertiEye untuk mengetahui keaslian sebuah logam mulia. Karena kinerjanya berbasis internet, Anda bisa mengunduh secara langsung lewat ponsel pintar kemudian menggunakan fitur scan barcode.

Salah satu contohnya adalah emas produksi Antam, di mana ciri-ciri keasliannya akan ditentukan lewat sertifikat. Ketika discan, logam mulia yang asli akan memunculkan logo resmi produsen dengan tulisan Auntethicated (otentik).


Alasan Emas Antam dan UBS Cocok Sebagai Investasi

Di balik maraknya membandingkan-bandingkan emas Antam vs UBS, keduanya tetap menjadi pilihan terbaik untuk investasi. Keuntungannya adalah sebagai pelindung dari inflasi, likuid sehingga mudah dicairkan, serta cocok untuk diversifikasi investasi.

1. Sebagai pelindung dari kelesuan ekonomi akibat inflasi

Ketika Anda memutuskan untuk mulai berinvestasi, salah satu pertimbangan utamanya adalah berjaga-jaga terhadap dampak inflasi. Hal tersebut merupakan pemicu utama dari penurunan daya beli mata uang, sehingga melemahkan roda perekonomian.

Secara tidak langsung, uang akan kehilangan nilainya secara perlahan karena harga produk semakin mahal. Oleh sebab itu, emas bisa menjadi pilihan investasi terbaik untuk melindungi penurunan tersebut karena nilainya tetap.

2. Mudah dicairkan menjadi uang tunai (bersifat likuid)

Lupakan sejenak soal emas Antam vs UBS jika masih diperdebatkan hanya untuk mencari kekurangannya. Yang jelas, keduanya sangat efektif sebagai pilihan untuk mulai berinvestasi karena bersifat likuid atau mudah dicairkan.

Jika Anda membutuhkan dana cukup banyak dalam waktu singkat, simpanan logam mulai tersebut bisa langsung diuangkan. Meski tidak lepas dari mekanisme pasar seperti fluktuasi, nilainya cenderung stabil dan bahkan bertambah.
Sebagai salah satu bentuk diversifikasi dalam berinvestasi

Selain itu, emas juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk diversifikasi selain instrumen investasi lainnya seperti saham. Ingat, portfolio yang terdiversifikasi secara tidak langsung akan mengurangi risiko investasi di pasar modal.


Akhir Kata

Ketika Anda memulai untuk berinvestasi, sertakan produk-produk yang tidak berkorelasi erat satu sama lain. Pilihan terbaiknya adalah emas, karena mampu mengurangi volatilitas serta risiko pada portfolio milik Anda secara keseluruhan.

Membanding-bandingkan sesuatu merupakan salah satu sifat alami manusia yang dipicu oleh berbagai hal di sekitarnya. Termasuk pada pilihan untuk memulai investasi misalnya, emas Antam vs UBS seringkali menjadi perdebatan hangat.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Invesasi. All rights reserved. Developed by Jago Desain