Daftar Top 5 Broker Saham Indonesia Kode dan Kelebihannya

Top broker saham Indonesia terdiri dari beberapa korporasi berlatar belakang perbankan seperti BCA Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan BNI Sekuritas.
Top broker saham Indonesia merupakan pilihan utama bagi investor pemula maupun berpengalaman di dalam negeri untuk berinvestasi. Pertimbangannya adalah, platform tersebut telah terjamin dari berbagai sisi seperti legalitas dan sebagainya.

Karena investasi pada saat ini semakin mudah dilakukan, banyak penyedia jasa bermunculan dengan menawarkan berbagai fitur. Mulai dari platform yang memiliki latar belakang perbankan, hingga terkenal di kalangan investor milenial.


Daftar Top Broker Saham Indonesia dengan Latar Belakang Perbankan

top-5-broker-saham-indonesia-kode

Ada beberapa platform yang menyediakan layanan jual beli produk-produk investasi dengan latar belakang institusi perbankan. Pilihannya terdiri dari BCA Sekuritas, Mandiri Sekuritas. hingga BNI Sekuritas, yang membawa fitur-fitur utamanya masing-masing.

1. BCA Group lewat BCA Sekuritas

BCA lewat layanan BCA Sekuritasnya memiliki beberapa layanan yang ditawarkan kepada calon investor sebagai penggunanya. Selain jual beli saham, ada juga program Retail Brokerage untuk menemukan serta mempelajari peluang pasar.

Salah satu top broker saham Indonesia ini juga menyediakan layanan berupa riset, untuk melihat hingga memprediksi kondisi pasar. Sangat cocok untuk investor pemula yang baru saja terjun di pasar modal.

2. Bank Mandiri menyediakan Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas sempat dinobatkan sebagai salah satu broker terbaik nasional oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Dibandingkan layanan serupa, platformnya bahkan sukses memecahkan rekor dengan nilai transaksi saham mencapai Rp205 triliun.

Untuk pembelian saham, Mandiri Sekuritas mematok biaya sebesar 0,18% dan 0,28% untuk setiap penjualan. Bagi investor pemula, pihak Mandiri Sekuritas menyediakan edukasi seputar pasar modal lewat kelas investasi secara gratis.

3. Bank BNI dengan BNI Sekuritas

Top broker saham Indonesia seperti BNI Sekuritas bisa dibilang sangat lengkap, karena menyediakan opsi untuk penggunanya. Salah satunya adalah sistem yang bisa diakses lewat situs web, mobile, hingga aplikasi dekstop.

Dibandingkan penyedia layanan serupa, BNI Sekuritas mematok nilai minimal sebesar Rp1 juta untuk pembelian saham. Bagi investor pemula, tentu mereka perlu mempersiapkan dananya terlebih dahulu agar bisa bertransaksi secara maksimal.


Aplikasi Saham yang Populer di Kalangan Milenial

Ada beberapa pilihan broker saham yang tidak memiliki latar belakang perbankan, namun sangat populer di kalangan milenial. Mulai dari Stockbit, Ajaib Sekuritas, hingga Mirrae Assets Sekuritas, dengan beberapa kelebihannya masing-masing.

1. Stockbit

Top broker saham Indonesia seperti Stockbit merupakan salah satu platform yang sangat disukai oleh investor milenial. Selain menarik dari segi tampilan visual antarmuka (UI), beberapa fiturnya juga termasuk sangat lengkap.

Salah satu fiturnya yang populer adalah simulasi untuk melakukan pembelian maupun penjualan saham untuk latihan. Stockbit juga sempat bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas sebelum akhirnya pecah kongsi pada Agustus 2021. 

2. Ajaib Sekuritas

Ajaib Sekuritas juga sangat dikenal di kalangan investor milenial karena menyediakan kemudahan transaksi lewat aplikasi. Platform ini bahkan diakui dari sisi legalitas hingga performa lewat banyaknya penghargaan yang telah diberikan.

Ajaib menyediakan dua instrumen investasi yang bisa dipilih oleh investor, yakni saham dan reksa dana. Untuk reksa dana, platform tersebut telah bekerja sama dengan manajer investasi profesional untuk mengelola dana.

3. Mirrae Assets Sekuritas

Top broker saham Indonesia berikutnya adalah Mirrae Assets Sekuritas yang telah memiliki cabang secara global. Perusahaan finansial asal Korea Selatan ini hadir di Indonesia dan membuka layanannya sejak tahun 2013. 

Salah satu kelebihan dari Mirrae adalah tidak membebankan biaya administrasi sehingga menarik minat investor baru. Hingga pada tahun 2018 lalu, perusahaan berhasil meraih penghargaan sebagai sekuritas (broker) terbaik di Indonesia. 


Tips Memilih Broker Saham Terbaik untuk Memulai Berinvestasi

Maraknya penyedia jasa yang melayani pembelian maupun penjualan ekuitas membuat investor harus berhati-hati dalam memilih. Agar tidak mengalami kerugian selama berinvestasi, beberapa tips di bawah ini bisa menjadi panduan Anda.

1. Pilih yang memiliki jaminan legalitas dan berintegritas

Ketika Anda ingin memilih top broker saham Indonesia yang dirasa cocok, pastikan agar penyedia layanan tersebut memiliki legalitas. Sertifikasi tersebut sangat penting karena menyangkut keamanan transaksi serta jaminan data pelanggan.

Legalitas resmi juga membuktikan bahwa penyedia layanan tersebut merupakan lembaga yang memiliki integritas. Baik dari segi pelayanan terhadap para investor, skema transaksi, kemudahan lewat fitur, serta pembagian keuntungan secara transparan.

2. Memudahkan pengguna selama bertransaksi

Selain legalitas di atas, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih broker yang memudahkan penggunanya selama bertransaksi. Baik itu melalui aplikasi mobil maupun website, dengan beberapa fitur dasar seperti jual dan beli.

Kemudahan transaksi sangat penting untuk diperhatikan karena berkaitan erat dengan kenyamanan investor. Salah satu faktor penentunya selain fitur-fitur dasar adalah soal tampilan visual serta navigasi yang berorientasi pada pengalaman pengguna.

Kemudahan berinvestasi memunculkan banyak penyedia jasa dengan membawa kelebihan serta kekurangan masing-masing. Sebagai investor, 

Anda harus jeli dalam memilih top broker saham Indonesia agar tidak mendapatkan kerugian di kemudian hari.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Invesasi. All rights reserved. Developed by Jago Desain