Strategi Memutuskan Trading for Living, Catat 5 Tips Penting Ini!

Trading for living merupakan istilah yang menunjukkan bahwa aktivitas trading akan dijadikan sebagai modal untuk hidup dan memenuhi kebutuhan pokok.
INVESASI.COM - Trading menjadi aktivitas yang sangat populer saat ini. Menurut BEI (Bursa Efek Indonesia),  aktivitas trading di pasar modal meningkat 1,29 juta kali di akhir tahun 2021 lalu. Banyak pula yang memutuskan trading for living karena menganggap peluang trading begitu besar.

Trading for living merupakan istilah yang menunjukkan bahwa aktivitas trading akan dijadikan sebagai modal untuk hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tentu ini sebuah keputusan yang berani. Jika memang tertarik melakukannya, cobalah untuk menerapkan 5 tips strategi sebelum memutuskan trading for living berikut ini:

5 Tips Strategi Memutuskan Trading for Living

Strategi Memutuskan Trading for Living, Catat 5 Tips Penting Ini!

1. Buat Perhitungan Modal

Tips pertama buatlah dulu perhitungan modal yang matang. Ini sangat penting untuk dilakukan karena dibutuhkan modal yang memadai jika ingin trading for living. Modal inilah yang kemudian akan mendatangkan banyak cuan dan bisa dijadikan tumpuan hidup.

Lalu, apakah dibutuhkan modal besar agar bisa mewujudkan trading for living? Menurut Algotrading, paling tidak seseorang membutuhkan modal 20 kali dari pengeluaran tahunan supaya bisa jadi full time trader.

Namun angka ini bisa saja berubah-ubah. Tentunya tergantung juga pada platform trading yang akan digunakan karena persyaratan minimal deposit setiap platform berbeda. Banyak juga full time trader yang justru mulai dari nominal kecil.

Sumber modal untuk trading for living juga harus jelas. Jangan gunakan uang panas melainkan manfaatkan uang dingin agar lebih aman. Selain itu, pastikan untuk membuat perhitungan yang matang agar lebih mudah balik modal.


2. Pastikan Siap Mental dan Wawasan

Jika sudah memutuskan trading for living berarti harus siap secara mental dan wawasan. Ini adalah dua modal penting yang harus dipersiapkan sebelum memulai perjalanan sebagai full time trader. Keduanya akan mendukung seseorang untuk melakukan trading secara optimal dan minim risiko.

Kesiapan mental sangat dibutuhkan karena trading adalah aktivitas yang sangat menguji kesabaran. Saat cuan melimpah, seorang trader harus bisa mengontrol emosi agar tidak berlebihan mengambil langkah berikutnya. Hal ini juga harus diterapkan saat kondisi rugi.

Sementara itu wawasan mengenai trading juga harus diperhatikan dengan baik. Bayangkan saja trading tanpa pengetahuan yang memadai. Apalagi trading ini akan dijadikan sumber pendapatan utama, jelas harus ada basis wawasan yang mencukupi.

Agar bisa mendapatkan kesiapan mental dan wawasan, trader sebaiknya banyak berlatih dan belajar terlebih dahulu. Pelajari banyak referensi dan cobalah untuk memulai trading. Semakin banyak pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan maka trader akan semakin siap memulai trading for living.


3. Sediakan Fasilitas yang Memadai

Memutuskan trading for living artinya harus siap untuk benar-benar terjun ke dunia ini. Oleh sebab itu lakukan persiapan yang matang, salah satunya dengan menyediakan fasilitas lengkap dan memadai. Sama halnya saat memulai jenis pekerjaan lain, harus ada perlengkapan yang disiapkan.  

Untuk menjadi full time trader, maka harus disediakan ruangan khusus yang akan digunakan untuk melakukan trading. Peralatannya juga harus lengkap mulai dari perangkat komputer, koneksi internet, dan hal-hal lain yang dibutuhkan oleh seorang trader.

Meskipun trading sebenarnya aktivitas yang fleksibel dan dapat dilakukan dari mana saja, namun ruangan khusus ini tetap penting untuk disiapkan. Jika ingin menjadi full time trader maka harus ada ruang yang mendukung. Di sinilah trader akan menghabiskan waktunya untuk fokus melakukan trading.

Jika tidak ada ruang dan fasilitas khusus maka akan sulit memfokuskan diri dalam trading. Apalagi hasil trading akan menjadi pemasukan utama, jadi jangan ragu menyediakan perlengkapan yang memadai. Terutama dari segi koneksi internet, harus dipastikan selalu lancar dan bekerja optimal.

4. Terapkan Psikologi Trading

Full time trader juga harus menerapkan psikologi trading. Ini menjadi kunci penting mencapai keberhasilan di dunia trading. Emotional discipline harus benar-benar diterapkan agar trader tetap bisa tenang dan melaju di jalan yang tepat saat trading.

Dengan menerapkan psikologi trading, maka trader tidak akan mudah terpengaruh tren atau FOMO (fear of missing out). Selain itu trader juga akan lebih mudah mengelola emosinya apapun situasi yang terjadi, baik saat cuan maupun saat terjadi loss.

Psikologi trading ini juga akan membantu menjaga trader dari pemakaian uang panas saat trading. Banyak sekali trader yang FOMO dan panik lalu sembarangan menggunakan uang panas, dari hasil pinjaman misalnya. Padahal penggunaan uang panas untuk trading sangatlah tidak direkomendasikan.

Jika trader menguasai psikologi trading dengan baik maka hal seperti ini tidak akan terjadi. Baik saat situasi profit maupun loss, trader bisa menguasai dirinya dengan baik. Ketenangan dan kedewasaan emosional inilah yang dibutuhkan saat ingin menggeluti trading jangka panjang.


5. Lakukan Manajemen Risiko

Setiap trader harus paham bahwa aktivitas trading ini memiliki risiko. Risikonya pun terbilang besar apalagi jika dana yang digunakan juga besar. Sebagai full time trader, penting sekali untuk melakukan manajemen risiko dengan cermat.

Pada dasarnya semua trader memang harus menguasai teknik manajemen risiko. Namun bagi seorang full time trader hal ini jadi semakin penting. Bisa melalui strategi stop loss maupun take profit agar risiko trading bisa dikendalikan dengan baik.

Sebelum memilih trading for living, sebaiknya trader juga mencari tahu risiko apa saja yang harus dihadapi. Harus dicari tahu juga seberapa besar risiko kerugian yang harus ditanggung. Selanjutnya langsung cari teknik manajemen risiko yang paling pas dan efektif.

Memang tidak mudah untuk memutuskan trading for living. Banyak strategi yang harus disiapkan dan kondisi mental harus benar-benar dalam kondisi matang. Namun jika sudah paham ritme dan kuncinya, impian trading for living tidak akan sulit dicapai.***
Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Invesasi. All rights reserved. Developed by Jago Desain