Aplikasi Mining Bitcoin PC Terbaik Untuk Pemula

Memilih software atau aplikasi mining Bitcoin yang tepat merupakan hal krusial. Berikut ini, rekomendasi beberapa software atau aplikasi mining crypto
INVESASI.COM - Cara untuk mendapatkan Bitcoin salah satunya yaitu dengan menambang atau mining. Mining Bitcoin merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan dengan menyelesaikan soal matematika menggunakan perangkat keras atau hardware Bitcoin mining. Hardware yang dibutuhkan dalam aktivitas tersebut dapat berupa CPU komputer FPGA, GPU, ASIC, dan lain sebagainya.

Dalam aktivitas penambangan Bitcoin, tidak hanya dibutuhkan hardware atau perangkat keras, namun juga software atau perangkat lunak yang mendukung, sehingga memilih software atau aplikasi yang tepat, merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Oleh karena itu, akan dibahas mengenai beberapa software atau aplikasi mining Bitcoin PC terbaik yang banyak direkomendasikan.


Software Atau Aplikasi Mining Bitcoin Terbaik

Aplikasi Mining Bitcoin PC Terbaik Untuk Pemula

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menambang atau mining Bitcoin tidak hanya membutuhkan perangkat keras atau hardware, tapi juga membutuhkan software atau aplikasi yang mendukung. Software atau aplikasi mining Bitcoin memiliki tugas utama yaitu memonitor statistik para penambang. 

Umumnya, statistik yang ditampilkan dalam software atau aplikasi adalah kecepatan penambang, kecepatan hardware kipas yang digunakan, suhu, dan hashrate. Berikut ini, beberapa rekomendasi aplikasi mining Bitcoin PC terbaik.

CGMiner

CGMiner merupakan salah satu software atau aplikasi yang banyak direkomendasikan dan digunakan para penambang. Hal itu karena aplikasi ini dapat diaplikasikan ke dalam semua sistem operasi pada komputer. 

Namun, CGMiner sendiri bisa dikatakan lebih cocok jika digunakan oleh penambang berpengalaman dalam dunia pertambangan Bitcoin, karena aplikasi ini menggunakan tampilan yang tidak memiliki grafis user interface, sehingga akan sedikit lebih rumit dan membingungkan jika digunakan oleh penambang pemula.

Kelebihan dari aplikasi CGMiner:

  • Dapat digunakan atau diaplikasikan di komputer dengan sistem operasi apa pun seperti Mac, Windows, maupun Linux
  • Dapat menyesuaikan dengan hardware ASIC, FPGA, dan GPU
  • Bersifat open source sehingga bisa didapatkan dengan gratis melalui GitHub

Kekurangan dari aplikasi CGMiner:

  • Cenderung lebih sulit diunduh dan sedikit terhambat untuk komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10
  • Penggunaannya akan lebih cocok untuk penambang yang berpengalaman


BFGMiner

Software atau aplikasi mining Bitcoin terbaik di PC selanjutnya yaitu BFGMiner. Aplikasi ini pada dasarnya hampir sama dengan CGMiner, yaitu dapat dioperasikan di hampir semua sistem operasi serta memiliki grafis user interface yang kurang sesuai jika digunakan oleh penambang pemula. Perbedaan keduanya adalah user BFGMiner memungkinkan untuk tersambung ke dalam beberapa mining pool dan dapat berhenti untuk menyambungkan pool yang tidak terjangkau.

Software atau aplikasi BFGMiner juga dapat melakukan monitoring suhu perangkat keras, mendeteksi threads yang cenderung stagnan dan juga memungkinkan pengguna mengawasi rig dari jarak jauh. BFGMiner juga bisa digunakan untuk menjalankan mining beberapa cryptocurrency dalam satu waktu secara bersamaan.

Kelebihan BFGMiner:

  • Dapat menjalankan beberapa proses mining dalam waktu bersamaan
  • Dapat dioperasikan di komputer dengan sistem operasi apa pun, seperti Windows, Mac, dan Linux

Kekurangan BFGMiner:

  • Fokus akan menjadi lebih sempit ketika menggunakan hardware ASIC
  • Grafis user interface yang terbatas

MultiMiner

Berbeda dari kedua aplikasi sebelumnya, MultiMiner memiliki user interface yang sederhana dan juga membantu pengguna untuk bergabung dengan mining pool mereka. MultiMiner juga memiliki fitur yang cukup canggih dan menguntungkan, seperti quick-start mining.

Kelebihan MultiMiner:

  • Menggunakan grafis user interface sehingga cocok untuk penambang pemula
  • Memiliki fitur mining otomatis
  • Cocok untuk digunakan pada komputer dengan sistem operasi Windows

Kekurangan MultiMiner:

  • Membutuhkan software tambahan jika dioperasikan di sistem operasi Linux dan MacOS
  • Fitur custom yang lebih sedikit


EasyMiner

EasyMiner direkomendasikan karena memiliki graphical user interface yang nyaman. Tampilan interface tersebut akan memudahkan user dalam menyesuaikan, mengganti pools maupun mengontrol dompet dari Bitcoin.

Kelebihan EasyMiner:

  • Cocok untuk berbagai macam komputer
  • Dapat melakukan monitoring neraca dan memberi statistik yang detail

Kekurangan EasyMiner:
  • Sering terdeteksi sebagai sebuah ancaman oleh beberapa aplikasi antivirus
  • Perubahan mining harus melalui perintah command line pada beberapa versi

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi mining Bitcoin PC terbaik beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Invesasi. All rights reserved. Developed by Jago Desain