Cara Mining Bitcoin Dengan Laptop Biasa Untuk Pemula

Dengan mengetahui cara mining Bitcoin dengan laptop biasa ini, Anda bisa memulai untuk menambang Bitcoin dengan mudah.
Bitcoin yang semakin populer sebagai mata uang digital dan banyak diburu terutama oleh para generasi muda saat ini membuat keberadaan Bitcoin menjadi daya tarik tersendiri. Berbagai cara dapat dilakukan untuk memperoleh Bitcoin 

Salah satu yang paling banyak digunakan yaitu dengan cara mining atau menambang menggunakan perangkat komputer dengan kelengkapan hardware yang mumpuni dan harganya pun terbilang mahal. Namun, seiring dengan perkembangannya, cara mining Bitcoin dengan laptop biasa pun dapat dilakukan sehingga aktivitas tersebut semakin memudahkan para penambang (miners).


Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang digital yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009. Bitcoin adalah mata uang yang tidak dikendalikan, baik oleh bank umum maupun pemerintah. Harga Bitcoin yang terus naik dan melambung sejak awal kemunculannya yang hanya dijual dengan harga di bawah 1 dolar dan hingga saat ini, bahkan harganya mencapai 40.800 dolar semakin menarik perhatian banyak investor yang ingin berinvestasi melalui aset mata uang mata digital.

Bitcoin dalam peredarannya juga memiliki jumlah yang sangat terbatas, yaitu hanya sekitar 21 juta keping dan hingga saat ini jumlah peredaran Bitcoin sudah mencapai 18,89 juta keping. Hal tersebut yang membuat Bitcoin semakin langka dan secara otomatis membuat harga tiap kepingnya semakin mahal.

Untuk mendapatkan Bitcoin, pada dasarnya adalah dengan cara menambang atau mining dan Anda harus menjadi penambang yang memecahkan masalah numerik dengan benar. Proses tersebut dikenal sebagai Proof of Work. Dalam arti lain, Anda harus menjadi penambang yang menghasilkan 64 digit hash atau angka heksadesimal yang sama atau kurang dari hash target dalam usaha dan cara mendapatkan Bitcoin.


Cara Mining Bitcoin

Cara Mining Bitcoin Dengan Laptop Biasa Untuk Pemula

Terdapat beberapa cara dalam aktivitas menambang Bitcoin yang dilihat dari alat yang dibutuhkan dan metodenya. Beberapa cara tersebut pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang juga dilihat dari kebutuhan biaya dan tingkat efektivitas dalam menghasilkan hash. Cara menambang Bitcoin, antara lain:

1. Pool Mining

Cara yang pertama yaitu pool mining yang juga menjadi cara menambang atau mining yang paling terjangkau khususnya bagi pemula. Jika diartikan secara sederhana, menambang atau mining dengan cara ini yaitu Anda bergabung dengan penambang lain dan berada dalam satu kolam atau pool. Saat Anda tergabung dalam kelompok penambang tersebut, Anda akan memperoleh imbalan yang dibagi sesuai dengan banyaknya jumlah penambang di kolam tersebut.

2. Cloud Mining

Cara berikutnya yaitu cara menambang atau mining yang memanfaatkan cloud computing atau komputasi awan. Berbeda dengan cara pertama, cloud mining menyediakan layanan seperti Genesis Mining, Hashflare, dan sebagainya.

3. Solo Mining

Cara ini dengan mengandalkan rig atau peralatan kebutuhan menambang milik sendiri tanpa menggunakan pool. Namun, cara ini juga membutuhkan kemampuan menyelesaikan algoritma yang rumit, daya listrik yang besar, dan juga biaya yang terbilang mahal.

4. Platform Trading

Cara ini menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menggunakan cara mining Bitcoin dengan laptop biasa.


Cara Mining Bitcoin Menggunakan Laptop Biasa

Kabar baiknya, saat ini menambang Bitcoin juga dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan perangkat laptop. Dengan kata lain, tidak harus dengan perangkat yang mahal dan spesifikasi yang mutakhir. Lalu, bagaimana cara untuk menambang Bitcoin dengan laptop biasa?

1. Persiapkan Hardware

Menambang Bitcoin membutuhkan perangkat keras atau hardware yang disebut ASIC atau Application Specific Integrated Circuit dan sering juga disebut BTC Miner yang dirancang khusus dan membuat proses mining lebih cepat tanpa merusak laptop.

2. Bergabung ke Pool Mining

Beberapa pool mining yang direkomendasikan antara lain, MinerGate, Discus Fish, Ant Pool, Kano Pool, dan Slush Pool.


3. Membuat Dompet Mining

Dompet Bitcoin dibutuhkan untuk menyimpan BTC hasil tambang Anda. Anda bisa membuatnya melalui situs blockchain.

4. Menggunakan Software Mining

Software yang direkomendasikan untuk mining Bitcoin antara lain, EasyMiner, BGFMiner, CGMiner, dan Awesome Miner.

Itulah beberapa cara mining Bitcoin dengan laptop biasa yang bisa Anda lakukan untuk aktivitas menambang Bitcoin.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Posting Komentar

© Invesasi. All rights reserved. Developed by Jago Desain